MERETAS ASA DI PKBM IBU WATI (PKBM TANDA GENAP)

Kejar Paket C Ciracas

Kejar Paket C Ciracas

Sore itu, hujan agak deras mengguyur kawasan Ciracas, Jakarta Timur. Di salah satu sekolah kejuruan di Jalan Tanah Merdeka aktivitas pendidikan sudah selesai sejak pukul 15.30, namun pada maghrib, sekolah itu memulai aktivitas baru. Satu persatu warga dari berbagai usia memasuki ruangan kelas masing-masing, ada pula yang sembahyang maghrib di mushola atau menyantap makan malam sambil menunggu tutor masuk kelas untuk memulai pelajaran. Suhu yang terasa dingin tidak mengganggu konsentrasi mereka untuk menimba ilmu dan menambah wawasan hingga waktu menunjukkan pukul 21.00 WIB. Setelah itu mereka kembali pulang disertai canda tawa riang penuh keakraban.

Itulah sekelumit gambaran aktivitas di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) TANDA GENAP milik Ibu Wati ini, yang berlokasi di Jalan Tanah Merdeka X No 3A Jakarta Timur. PKBM Tanda Genap didirikan sekitar bulan Juli 2008 dan telah mendapat izin perpanjangan dari Kepala Suku Dinas Pendidikan Menengah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) P9926241. Sebagai pimpinan atau penanggungjawab PKBM Tanda Genap adalah Ibu Dahlia Pristiwati, S.Pd.

PKBM Tanda Genap didirikan untuk melayani masyarakat yang tidak mempunyai kesempatan untuk sekolah formal dengan berbagai alasan. Alasan biaya yang paling mendominasi mengapa banyak masyarakat yang tidak sempat mengikuti sekolah formal. Adapula karena faktor usia, lokasi yang jauh, harus bekerja, atau karena drop out dari sekolah formal dan alasan-alasan lainnya. PKBM Ibu Wati ini dapat menjadi solusi memperoleh pendidikan dengan biaya terjangkau, waktu yang fleksibel dan tak terbatas usia.

Sejak didirikan tujuh tahun lalu, PKBM Tanda Genap terus  berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya. Upaya tersebut antara lain dengan meningkatkan frekuensi belajar yang sebelumnya dilaksanakan tiga kali dalam seminggu menjadi enam kali atau setiap hari kecuali hari Minggu seperti layaknya sekolah formal. Selain itu, diupayakan untuk diberikan tambahan keterampilan pengetahuan komputer sebagai antisipasi untuk menghadapi perubahan zaman agar lulusan PKBM Tanda Genap mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Lokasi belajar PKBM Tanda Genap di Jalan Tanah Merdeka X No 3A ini dimiliki Oleh Ibu Wati selaku pimpinan, saat ini menyelenggarakan pendidikan kesetaraan KejarPaket A setara SD atau Mi, Kejar Paket B setara SMP/MTs dan Kejar Paket C setara SMA/MA. Sementara ini waktu PBM (Proses Belajar Mengajar) dilaksanakan di malam hari mulai pukul 18.30 s.d. 20.30 WIB dan Sabtu Minggu. Namun untuk mengakomodasi masyarakat yang masih banyak belum mendapatkan kesempatan pendidikan formal, PKBM Tanda Genap berencana membuka kelas sore setiap hari dari pukul 15.30 s.d. 17.30 dan kelas Sabtu–Minggu untuk para karyawan atau pegawai yang tidak dapat sekolah di hari-hari kerja.

Sejak didirikan tahun 2008, PKBM Tanda Genap telah banyak meluluskan warga belajar dari berbagai jenjang pendidikan. Dalam satu tahun Ujian Nasional Kejar Paket A, B dan C diadakan dua kali, yaitu bulan April dan Oktober. Sudah ribuan siswa yang lulus dan sukses dari alumni PKBM Tanda Genap ini. Maka dari itu PKBM Ibu Wati dianggap turut membantu warga belajar untuk memperbaiki kehidupan mereka di tengah-tengah masyarakat. Mereka seolah-olah telah mendapatkan kesempatan kedua untuk menata kehidupannya kembali. Tak heran jika setelah mengikuti pendidikan di PKBM Tanda Genap dan telah mendapatkan ijazah banyak warga belajar yang mampu meningkatkan karir kepegawaian, punya kesempatan dalam pengangkatan CPNS di lingkungan kantor pemerintahan seperti kelurahan, kecamatan dan lain-lain, serta dapat mengikuti seleksi TNI/POLRI.

Untuk meningkatkan kualitas lulusan, PKBM Tanda Genap sering melaksanakan uji coba (try out) Ujian Nasional terutama menjelang Ujian Nasional tahap pertama bulan Juni dan tahap kedua bulan Oktober. Setelah itu diadakan pembahasan-pembahasan soal oleh tutor-tutor yang cukup berpengalaman baik mengajar di PKBM maupun di sekolah formal.

Selain itu alumni kejar paket C banyak yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya di sekitar Jakarta. Alumni PKBM Tanda Genap bertebaran di kampus UNAS, UNINDRA, UTAMA, LP3I, BSI dan sebagainya. Bahkan ada juga yang pernah diterima di UGM dan UI, UNPAD Bandung. Ijazah pendidikan kesetaraan dapat dipertanggungjawabkan dan dilindungi Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Oleh karena itu ijazah pendidikan kesetaraan dapat dijadikan sebagai persyaratan untuk menjadi calon legislatif baik pusat maupun daerah.

Keberadaan PKBM Tanda Genap sejauh ini dapat diterima oleh masyarakat khususnya sekitar Kelurahan Rambutan dan sekitarnya, walupun warga belajar tidak hanya dari Ciracas saja, ada dari Pejaten, Ragunan, Kebagusan, Jagakarsa, Tebet, Jati Padang, Depok bahkan Cibinong dan Bekasi. Bagi warga masyarakat yang belum mempunyai kesempatan belajar disekolah formal tidak perlu kecewa dan menyesali diri walaupun sudah berumur karena tidak ada kata tua untuk belajar “long life education” (pendidikan sepanjang hayat) berlaku untuk siapa saja. Ataupun bagi masyarakat yang mempunyai masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan seperti anak di DO dari sekolah karena sikap dan perilaku, punya pembantu rumah tangga yang belum sekolah namun tenaganya dibutuhkan dari pagi hingga sore hari, ataukah ingin meningkatkan karir ataupun ada kesempatan melamar kerja namun tidak punya ijazah dan masalah-masalah lainnya. Kiranya PKBM Tanda Genap dapat menjadi solusi bagi masyarakat untuk memecahkan masalah tersebut.

Untuk itu PKBM Tanda Genap mengajak masyarakat untuk menjadi warga belajar di PKBM Tanda Genap tanpa harus menghawatirkan biaya, usia, status dan kendala-kendala lainnya. Bagi warga masyarakat yang mempunyai kendala tersebut dapat langsung datang ke PKBM Tanda Genap dengan Alamat Jalan Tanah Merdeka X No. 3A Rambutan Ciracas.

Artikel ini bersumber dari kompasiana dan di edit oleh admin PKBM Tanda Genap Jakarta. IBU WATI : 08129996492