Ibu Wati, Sosok Ibu (Tokoh) Peduli Pendidikan Non Formal dan Informal Jakarta
Pendidikan Kesetaraan Nasional

kejarpaket b

Kejar Paket B Jalan Raya Bogor

Wanita Berdarah Asli Jawa dan Betawi ini memiliki nama asli Dahlia Pristiwati, lahir pada Tahun 1961 di Jakarta. Menurut cerita, Bapak Kandungnya pernah menjabat sebagai Petugas di Penjara Cipinang sebelum pindah ke Tulung Agung sebagai Punggawa Desa. Ibu kandungnya seorang betawi asli yang sederhana, Ibu Wati besar di Jakarta sampai umur 16 sampai 18 tahun beliau pindah ke Jawa tinggal bersama sang Ayah dan sempat mengenyam pendidikan di Tulung Agung.

Setelah Lulus SMEA di Jakarta, Ibu Wati berusaha untuk menjadi Pegawai Negeri dan pada tahun 1982 beliau diangkat resmi menjadi pekerja Negara dan di tempatkan di bilangan Jakarta Pusat. Dahulu Depdikbud juga sudah memiliki program pendidikan Non Formal dan Informal, kalau Zaman dulu ada istilah PLK (Pusat Latihan Kerja) sebelum ada PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Dari semenjak diangkat menjadi PNS sampai dengan sekarang (Thn 2017) Ibu Wati menjabat sebagai Kepala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Untuk mendalami ilmu Pendidikan Luar Sekolah ini (Sekarang PNFI) Ibu wati menempuh ratusan SKS demi mencapai sarjana pendidikan (S.Pd) Luar Sekolah, kalau di Universitas Negeri Jakarta dikenal dengan Jurusan PLS. Dahulu beliau mendaftar di IKIP Jakarta, Lulus di UNJ, karena Universitas tersebut menigkatkan kualitas dan merubah nama menjadi Universitas Negeri Jakarta. Namun katanya nggk perlu lanjut ke S2 karena  sudah tua, mau mendirikan PKBM sendiri saja.

Sudah Puluhan Ribu Siswa yang telah menjadi murid, dan lulus di tangan Ibu Wati ini, karena selain beliau memahami seluk beluk dunia pendidikan luar sekolah juga memiliki keterampilan hidup yakni Menjahit. Tingkatan Keterampilannya sudah di atas Mahir, tak heran murid-murid menjahit dari PKBM Ibu Wati ini juga sudah banyak yang sukses menjadi pengusaha yang mandiri. Pendidikan Luar Sekolah intinya menuntut persamaan dan kesetaraan, karena idealismenya Formal harus sama dengan Non Formal, meskipun segalanya butuh proses.

Bukan hanya program pendidikan Menjahit, Ujian Persamaan Kejar Paket A, B, dan C saja. Namun banyak program kecakapan hidup yang telah di lakoni Ibu yang juga ahli di bidang salon menyalon ini. Berbagai kalangan juga pernah menjadi siswa dari PKBM Ibu Wati ini. Dari mulai golongan sederhana, anak putus sekolah, artis, bahkan kalangan legislasi daerah juga pernah mengikuti Ujian Resmi milik Negara ini.

Tahun 2009 Ibu Wati memutuskan untk mendirikan sendiri Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat miliknya, yang di beri nama PKBM TANDA GENAP, artinya sebagai tanda penggenapan kepedulian terhadap dunia pendidikan luar sekolah ini, atau pendidikan nonformal dan informal ini. Sejak didirikannya sampai dengan saat ini semakin bertambah banyak siswa siswi yang menjadi warga belajar baik dari tingkat SD (kejar paket a), tingkat SMP (kejar paket b), Tingkat SMA (kejar paketc). Ratusan siswa telah diluluskan dari berbagai kalangan, berlokasi di Jalan Tanah Merdeka X (10) No 3A, kelurahan Rambutan, kecamatan Ciracas ini Ibu Wati membuktikan bahwa “setiap anak itu memiliki hak yang sama dalam pendidikan” Ibu Wati juga berpesan kepada anak-anak nya “Kalau memandang itu jangan selalu ke atas, coba lihat ke bawah, masih banyak orang-orang yang belum beruntung seperti kita”.

Sosok santun dan akrab ini juga memiliki banyak tim kerja yang mendukung kualitas pendidikan di PKBM Tanda Genap Jakarta ini. Dari mulai kulaitas guru-guru yang mengajar di PKBM Tanda Genap, kualitas staff administrasi, dan tenaga kependidikan lainnya di pilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh Pemerintah. Setiap tahunnya wajib lebih baik. Beliau juga pernah diundang sebagai pembicara di TVRI mengenai tema pendidikan luar sekolah dan sekolah rumah.

Sampai saat ini menjadi kepala dan memiliki Sekolah Non Formal dan Informal, juga homeschooling sendiri Ibu Wati juga masih mau menerima telpon dari setiap orang yang ingin bertanya dan berkonsultasi dengan beliau mengenai Pendidikan ini, baik melalui Telpon, sms, WA, atau BlackBerry karena zaman sudah maju jadi wajib menggunakan piranti lunak tersebut untuk berkomunikasi. Ibu Wati biasanya dapat dihubungi di Nomer HP 08129996492 atau 085882025004. Tapi hubungi saat waktu kerja atau waktu senggang ya.

Ayo sertifikasi diri untuk menyetarakan pendidikan dan taraf hidup kita, jangan malu-malu meskipun umur sudah melewati batas usia sekolah, tidak ada kata terlambat dalam dunia pendidikan, karena semua manusia hakikatnya adalah pembelajar yang baik. Salam Setara…!!!

 

Profile ini di tulis oleh Admin
PKBM TANDA GENAP JAKARTA